Review Kegaharan Xiaomi Black Shark 3

Review Kegaharan Xiaomi Black Shark 3

Berita Terbaru Gadget Ponsel gaming belakangan ini memang tengah booming-boomingnya. Mulai dari brand smartphone yang memang mengkhususkan smartphonenya untuk gaming, hingga beberapa brand smartphone ternama pun mulai melirik pasar baru dalam persaingan smartphone.

Indonesia pun bisa dibilang menjadi salah satu pasar potensial bagi berbagai brand smartphone gaming untuk memasarkan produknya. Sebab, makin merebaknya tren mobile gaming di Indonesia dapat membuat smartphone gaming bakal laku keras. Nah, salah satu brand smartphone yang rutin meluncurkan smartphone gaming-nya di Indonesia adalah Xiaomi dengan seri Black Shark.

Teranyar, seri Black Shark 3 secara resmi telah masuk ke Indonesia dengan membawa sejumlah upgrade menarik dibandingkan seri sebelumnya. Penasaran dengan peningkatan yang dibawakan oleh smartphone ini? Berikut ulasannya yang dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber :

 

Review Kegaharan Xiaomi Black Shark 3

 

 

1. Chipset dan penyimpanan
Xiaomi Black Shark 3 ditenagai oleh chipset baru asal Snapdragon yang merupakan salah satu chipset smartphone terbaik untuk tahun ini, yaitu Snapdragon 865 dengan UI JOYUI 11 berbasis Android 10. Lebih lanjut lagi, konfigurasi dari chipset tersebut menggunakan CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan GPU Andreno 650 untuk menunjang kemampuan grafisnya.

Sedangkan untuk bagian penyimpanannya, smartphone tersedia dalam 3 pilihan RAM dan ROM, yaitu 8 GB+128 GB, 12 GB+128 GB, dan 12 GB+256 GB. Uniknya, dari ketiga pilihan tersebut, hanya varian 8 GB+128 GB yang masih menggunakan RAM LPDDR4X, sedangkan untuk varian sisanya sudah menggunakan RAM LPDDR5. Kendati ketiganya sama-sama sudah menggunakan UFS 3.0 untuk ROM-nya, kecepatan proses data pada RAM-nya akan sedikit lebih lambat pada varian 8 GB+128 GB.

Akan tetapi, perbedaan tersebut tentunya tidak akan berpengaruh banyak. Sebab, dengan chipset berkonfigurasi tinggi, performa dari smartphone ini tetap akan maksimal hingga dapat melibas game apapun dengan lancar, lho.

2. Display layar dan bodi
Tidak hanya performa dapur pacu, layar dari smartphone gaming pun harus mumpuni sehingga dapat menunjang segala aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Nah, beruntungnya Xiaomi Black Shark 3 dapat mengakomodasi hal tersebut.

Layar berukuran 6,67 inci beresolusi 1080×2400 dari smartphone ini sudah dilapisi oleh panel AMOLED yang dapat mempertajam tampilan gambar. Selain itu, refresh rate 90hz pada layar dan 240Hz touch reporting rate pada setiap sentuhan layarnya juga sudah terpasang pada smartphone ini dan siap memberikan pengalaman grafis nyaman bagi mata penggunanya.

Sedangkan untuk urusan bodi dari smartphone ini, desain simetris dengan 2 segitiga pada bagian atas dan bawahnya menambah kesan mewah dari Xiaomi Black Shark 3. Tidak ketinggalan desain huruf “S” khas dari seri smartphone gaming ini diletakkan di tengah. Untuk warnanya sendiri, smartphone ini tersedia dalam 2 pilihan warna; Midnight Black dan Knight Grey.

3. Kapasitas baterai dan kecepatan pengisian
Dari segi baterai, Xiaomi Black Shark 3 menawarkan banyak inovasi menarik yang tentunya sangat berguna untuk menunjang aktivitas gaming penggunanya. Mulai dari kapasitas 4.720 mAh yang dibagi dalam 2 baterai 2.360 mAh yang diklaim oleh Xiaomi sebagai yang pertama di dunia. Disebutkan kalau fungsi dari 2 baterai terpisah tersebut adalah untuk mengatur jumlah daya yang digunakan ketika pada mode hemat maupun pada mode performa.

Selain itu, kemampuan charging dari smartphone ini pun sangat cepat. Fast charging bertajuk Hyper Charge berkecepatan 65W yang dikatakan mampu mengisi penuh daya dari Black Shark 3 hanya dalam waktu 38 menit! Tidak berhenti sampai situ, fitur magnetic charging yang terletak pada bagian belakang bodinya juga dimiliki oleh smartphone ini yang membuatnya bisa diisi dengan charger yang dijual terpisah dengan daya 18W.

4. Kamera
Kendati smartphone ini dikhususkan untuk gamer, Xiaomi tetap tidak ingin bagian kamera dari Black Shark 3 dibilang “seadanya” saja. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan hebat dari ketiga kamera belakangnya yang ditempatkan tepat di bagian segitiga atas dari smartphone ini.

Masing-masing dari kamera belakangnya beresolusi 64 MP main camera, 13 MP lensa ultra wide, dan 5 MP lensa depth yang berfungsi juga untuk kamera bokeh. Tidak berhenti sampai situ, kemampuan dari ketiga kamera belakangnya mampu untuk merekam video hingga resolusi 4K 60 fps, lho. Ditambah lagi, dengan bantuan AI Camera dari smartphone ini yang bertajuk Black Shark Shots, hasil gambar maksimal juga bisa diperoleh lewat kamera dari Xiaomi Black Shark 3.

5. Fitur-fitur tambahan
Bukan smartphone gaming jika tidak menyediakan peralatan tambahan untuk menunjang pengalaman bermain penggunanya. Peralatan tambahan seperti Black Shark Funcooler Pro, Black Shark Magnetic Charging Cable, Black Shark Bluetooth Earphones 2, dan Black Shark Gamepad 3 siap menjadi peralatan untuk menunjang aktivitas bermain penggunanya yang bisa dibeli secara terpisah.

Tidak hanya itu, bagian lain dari Black Shark 3 yang sangat menunjang aktivitas berat ada pada sistem pendinginan yang disebut Sandwich Liquid Cooling System, di mana sistem pendingin dapur pacu dari smartphone ini berada di bagian atas dan bawah mesin seperti “sandwich”. Hal ini tentunya dapat membuat proses penyaluran panas dan pendinginan pada dapur pacu Black Shark 3 lebih cepat dan terkontrol.

Tak lupa dukungan jaringan 5G juga telah ditanamkan pada smartphone ini. Jadi, penggunanya tidak perlu khawatir soal konektivitas dari Black Shark 3 jika ke depannya jaringan 5G sudah benar-benar resmi masuk ke Indonesia.

6. Harga resmi dan kesimpulan
Harga menjadi bagian yang unik sekaligus menimbulkan pertanyaan pada Black Shark 3. Kendati pada website resmi Black Shark Indonesia tertera ada 3 pilihan penyimpanan dari Black Shark 3, namun harga resmi yang baru diketahui adalah pada varian 8 GB+128 GB yang dipatok dengan harga Rp10.999.000 dengan tambahan bonus lain dari paket pembeliannya.

Secara keseluruhan, Black Shark 3 menjadi smartphone gaming resmi pertama di Indonesia yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 865 sehingga penggunanya tidak perlu khawatir lagi soal performanya. Desainnya yang gaming banget dan simetris bisa menjadi nilai tambah bagi penggunanya. Jika kamu sedang mencari smartphone gaming resmi yang mampu memberikan pengalaman gaming maksimal, maka Black Shark 3 sangat cocok untuk dipinang.

Tertarik untuk membawanya pulang ?

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *