Tips Mengolah Sampah yang benar

Tips Mengolah Sampah yang benar

Jasa Poles Marmer Jakarta – Setiap Negara pasti memiliki masalah yang menyangkut tentang sampah. Sampah di Indonesia sendiri menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di kota-kota besar. Setiap hari masyarakat pasti akan menghasilkan sampah, entah itu sampah organic atu an-organik. Diambil dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan setidaknya ada 175.000 ton per hari sampah yang dihasilkan masyarakat.

Tips Mengolah Sampah yang benar

Ternyata masyarakat sendiri masih minim pengetahuan bagaimana cara pengolahan sampah dengan baik. Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mebuang sampah sembarangan atau membakar semua sampah yang ada. Pembakaran sampah ini malah akan berefek tidak baik juga bagi lingkungan. Karena asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah tersebut mengandung racun dan dapat menyebabkan polusi. Karena itulah kamu sebaiknya mengetahui cara mengelola sampah dengan baik dan benar. Tujuan pengelolaan sampah yang benar adalah untuk membuat sampah punya nilai ekonomi atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan.

Tujuan dari pengelolaan sampah adalah supaya sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, kamu dapat membantu untuk kejar mimpi menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.
Sebelum mengerti cara mengolahnya, kita wajib tahu jenis sampah yang sering dikonsumsi di rumah tangga. Ada 2 jenis sampah rumah tangga, yaitu sampah organic dan sampah anorganik.

Sampah organik berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi, seperti kulit sayur dan buah, cangkang telur, tulang ikan, tulang ayam, dan sebagainya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah seperti plastik, kartus, kertas, hingga barang elektronik.

1. Pisahkan Sampah Organik & Anorganik

Sediakan 2 tempat sampah untuk organik & anorganik. Pisahkan juga sampah-sampah yang kering supaya nantinya bisa kamu daur ulang tanpa terlihat kotor atau bau.

2. Gunakan Koran atau Kardus Untuk Tempat Sampah

Pasti banyak yang bertanya, gimana cara mengganti plastik yang biasa digunakan sebagai alas tempat sampah atau gimana cara membuang sampah yang benar? Saat sampah sudah dipilah dengan benar, maka kita tidak perlu lagi alas plastik. Kita bisa menggunakan koran, kardus, atau bahkan tanpa alas, langsung ke tempat sampahnya.

3. Jadikan Pupuk Kompos

Cara mengolah sampah rumah tangga berbahan organik yang paling ramah lingkungan adalah menjadikannya kompos untuk berkebun. Kalau kamu tidak suka berkebun, kamu tetap bisa menyumbangkan kompos kepada organisasi yang bergerak di bidang perkebunan, nantinya sampah-sampah ini akan lebih bermanfaat.

4. Manfaatkan Sampah Anorganik

Kamu bisa membuat D.I.Y. barang-barang seperti botol bekas menjadi pot tanaman, kaleng menjadi tempat menyimpan bumbu. Selain itu, kamu juga bisa memilah sampah plastik tertutup seperti botol plastik yang dapat di daur ulang dan sampah plastik terbuka yang jika dihancurkan menjadi biji plastik. Kemudian sampah tersebut diberikan ke bank sampah. Hal ini membantu meringankan kerja para teman-teman pemulung.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *