Beberapa Hal Yang Perlu Diterapkan Saat Mencuci Tangan

Beberapa Hal Yang Perlu Diterapkan Saat Mencuci Tangan

Jasa Bersih Kantor – Pendemi virus corona atau akrab disebut COVID-19 yang berasal dari kota wuhan, china telah menyerang seluruh dunia. Virus ini menyerang saluran pernapasan dan dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia. Biasanya penyebaran terjadi ketika cipratan liur yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh. Masuknya virus ini bisa melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Namun, yang paling sering terjadi adalah melalui tangan.

Beberapa Hal Yang Perlu Diterapkan Saat Mencuci Tangan

Penyebaran virus ini sangat mudah terjadi ke orang lain hanya karena sentuhan tangan.Selama pandemi corona terjadi, salah satu cara paling gampang dan tidak repot untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Dibawah ini adalah hal hal penting yang perlu kamu ketahui tentang cuci tangan.

1. Cara Cuci Tangan Yang Benar

Agar dapat membasmi virus di tangan Kamu, kalau hanya mengusap dan bilasan singkat saja tidak cukup. Ada beberapa tahapan di bawah ini untuk cuci tangan agar lebih efektif
– Basahi bagian tangan secara menyeluruh menggunakan air bersih yang mengalir
– Gunakan sabun untuk membunuh virus ke seluruh bagian tangan. Penggunaan sabun ini dianjurkan untuk sabun cair agar kotoran dan virus tidak menempel.
– Usap sabun ke telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari. Proses cuci tangan ini minimal selama 20 detik
– Setelah selesai bilas tangan dengan air bersih yang mengalir
– Segera keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu

2. Lama Mencuci Tangan

Dianjurkan dalam melakukan kegiatan cuci tangan setidaknya selama 20-30 detik. Agar kamu lebih mudah dan enjoy mencuci tangan, bisa nyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali. Sama juga ketika menggunakan cairan hand sanitaizer. Pakailah cairan hand sanitaizer yang berbahan dasar alkohol minimal 60% dan usapkan ke seluruh permukaan tangan setidaknya selama 20 detik untuk memastikan seluruh tangan terkena cairan.

3. Waktu Mencuci Tangan

Untuk dapat mencegah penyebaran COVID-19, pastikan Kamu cuci tangan di waktu berikut ini
– Setelah kamu bersin, setelah batuk sebaiknya segera cuci tanganmu
– selesai dari tempat yang keramainan dan umum, seperti contoh kendaraan umum, pasar, atau tempat ibadah
– Setelah menyentuh barang di luar rumah, termasuk uang
– Sebelum, saat, dan sesudah merawat orang sakit
– Sebelum dan sesudah makan
– Secara umum, Kamu harus cuci tangan di waktu-waktu berikut:
– Setelah menggunanak toilet
– Sebelum dan sesudah makan
– Setelah membuang sampah
Pada intinya kamu harus rutin untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer pada saat musim pandemic seperti ini.

4. Ajarkan Kebiasaan Cuci Tangan Ke Keluarga

Kamu bisa mengajarkan seluruh anggota keluargamu untuk mencuci tangan secara rutin. Seperti mengajarkan anakmu untuk mencuci tangannya sendiri dengan meletakkan bangku pendek agar mereka bisa menggapai air dan sabun sendiri. Kamu juga bisa membikin cuci tangan jadi menyenangkan bagi mereka dengan cara menyanyikan lagu yang mereka sukai selagi membantu mereka mencuci tangan mereka.

5. Gunakan Handuk Untuk Mengeringkan Tangan

Virus akan lebih cepat berkembang di kulit yang basah dibandingkan kulit yang kering, karena itulah mengeringkan tangan Kamu sangat penting. Menggunakan tisu atau kain bersih adalah cara paling baik agar menghilangkan kuman tanpa menyebarkannya ke tempat lain.

6. Sabun Atau Hand Sanitizer?

Pada dasarnya mencuci tangan akan lebih baik baik dengan air dan sabun, maupun dengan cairan pembersih tangan. Semuanya akan baik jika ketika dilakukan dengan benar karena keduanya sama efektifnya dalam membunuh kuman dan patogen. Cairan Hand Sanitizer lebih mudah digunakan ketika berada di luar ruangan, tapi tentu saja harganya sedikit lebih mahal dan sulit ditemukan dalam situasi darurat. Selain itu, cairan Hand sanitizer berbahan dasar alkohol bisa membunuh corona virus, tapi tidak dapat membunuh semua jenis bakteri dan virus. Seperti contoh tidak dapat digunakan untuk menghilangkan norovirus dan rotavirus.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *