Perbedaan Penghargaan Kebersihan Adipura, Adiwiyata, Kalpataru

Perbedaan Penghargaan Kebersihan Adipura, Adiwiyata, Kalpataru

GreenClean.id – Kamu tentu pernah dong mendengan tentang penghargaan kebersihan yang ada di Indonesia. Yak setidaknya ada Adipura, Adiwiyata, Kalpataru yang merupakan program penghargaan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dalam ketiga penghargaan tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang sama yai membuat lingkungan bersih dan nyaman. Namun tetap saja ada perbedaannya. Untuk dapat mengetahui perbedaannya sebaiknya kamu perhatikan artikel dibawah ini ya.

Perbedaan Penghargaan Kebersihan Adipura Adiwiyata Kalpataru

Penghargaan Adipura

Penghargaan Adipura ini diberikan kepada sebuah kota ataupun kabupaten di Indonesia yang sudah berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan kota. Program penghargaan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1986 tersebut diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Program Adipura dibagi menjadi 4 kategori. Kategori ini didasarkan dengan berbagai jumlah penduduk dari suatu daerah. Kategori Kota Metropolitan yang memiliki total jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Kota Besar yang memiliki total jumlah penduduk kisaran 500.001 hingga 1.000.000 jiwa. Kota Sedang yang memiliki total jumlah penduduk 100.001 hingga 500.000 jiwa. Dan yang terakhir kategori Kota Kecil yang memiliki jumlah penduduk sampai dengan 100.000 jiwa. Ada dua kriteria untuk dapat menentukan kota Adipura, yang pertama indikator fisik berupa kondisi lingkungan kota yang meliputi kebersihan dan keteduhan kota dan yang kedua indikator non-fisik yang berupa pengelolaan lingkungan perkotaan.

Penghargaan Adiwiyata

Program Penghargaan Adiwiyata satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup agar mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Penghargaan Adiwiyata ini akan diberikan jika sebuah sekolah bisa peduli serta membudayakan lingkungan. Jadi intinya jika program Adipura diberikan kepada kota dan kabupaten, maka program Adiwiyata diberikan kepada sebuah sekolah  yang menerapkan pola berbudaya lingkungan hijau. Ada setidaknya tiga prinsip Adiwiyata tebagi menjadi yaitu edukatif, partisipatif, dan continues. Prinsp edukatif dimaksud adalah mengutamakan nilai-nilai pendidikan dan bisa menciptakan karakter peserta didik supaya lebih mencintai lingkungan. Untuk prinsip partisipatif adalah sebuah sikap yang harus dilihatkan kepada lingkungan sekitar sekolah supaya pelestarian lingkungan hidup bisa mengasih dampak positif kepada lingkungan sekitar. Sedangkan untuk  prinsip continues adalah seluruh kegiatan dalam upaya melestarikan lingkungan harus dilakukan secara berkelanjutan dan menyeluruh.

Penghargaan Kalpataru

Untuk Penghargaan Kalpataru sendiri ditujukan kepada perorangan atau sekelompok orang yang sudah berjasa dalam urusan melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru diambil dari salah satu nama pohon yaitu pohon Kalpataru. Bila diartikan dalam bahasa Sansekerta berarti sebagai pohon pengharapan. Penghargaan Kalpataru ada setidaknya empat kategori yaitu kategori Perintis Lingkungan, kategori Pengabdi Lingkungan, kategori Penyelamat Lingkungan dan kategori Pembina Lingkungan. Masih seperti halnya penghargaan Adipura, penghargaan Kalpataru akan diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Untuk bisa mendapatkan penghargaan Kalpataru, kandidat penerima penghargaan diberikan beberapa syarat yang harus dijalani. Syaratnya adalah kegiatan yang dilakukan atas prakarsa atau atas keinginan diri sendiri, sudah menunjukkan dampak positif pada pelestarian lingkungan hidup, berdampak menumbuhkan kesadaran pada masyarakat di sekitarnya. Setidaknya sudah dilakukan selama 5 tahun dan juga sudah ditiru oleh orang atau kelompok lain.

Setelah mengetahui hal diatas kamu pasti akan mempunyai pemahaman tentang Adipura, Adiwiyata dan Kalpataru. Kesimpulannya adalah Adipura program penghargaan kota atau kabupaten dalam kebersihan kota. Adiwiyata adalah program yang diberikan kepada sekolah yang berhasil menerapkan berbudaya lingkungan. Dan yang terakhir Kalpataru adalah program penghargaan yang diberikan untuk perorangan atau komunitas yang berjasa pada pelestarian lingkungan hidup. Semoga saja kita juga bisa mengambil peran dalam melestarikan lingkungan hidup tidak hanya berdasar pada tropi penghargaan, namun berdasar pada naluri dan hati untuk dapat hidup berdampingan dan menyatu dengan alam.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *