Tetap Bersih Ini Rahasia Mencuci dan Merawat Bantal

Tetap Bersih Ini Rahasia Mencuci dan Merawat Bantal

GreenClean.id – Bantal sebagai alas tidurmu harus dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Tidak hanya ada di tempatpat tidur, bantal disofa juga sama saja bisa menjadi kotor dan menjadi tempat berkumpulnya kuman dan debu. Karena itulah kenapa bantal harus dicuci secara rutin dan dengan cara yang benar. Bantal yang sering digunakan tentu akan mengandung berbagai macam kotoran seperti debu, keringat, air liur, dan bakteri dapat dengan cepat berkembang pada bantal seiring waktu.

Tetap Bersih Ini Rahasia Mencuci dan Merawat Bantal

Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor timbulnya bau tak sedap pada bantal kamu. Supaya bisa memastikan bantal tetap segar dan bebas kuman, sangat penting untuk menjaga kebersihannya dengan mencuci setidaknya satu bulan sekali. Walaupun bantal yang terlihat rumit untuk dibersihkan, tapi mencuci dan mengeringkan bantal ternyata sangat sederhana dari yang diperkirakan.

Cuci bantal dengan mesin cuci

Memang ada beberapa jenis bantal yang tidak bisa dicuci, namu sebagian besar bantal bisa dicuci dengan mesin dan dikeringkan langsung. Cukup dengan memakai air hangat dengan suhu setidaknya 60 derajat Celcius supaya lebih efektif membunuh tungau debu dan kuman yang ada di bantal.

Pakai detergen yang bagus

Berbagai macam Jenis detergen ada di pasaran saat ini. Yang terbaik untuk mencuci bantal adalah sabun yang tidak mengandung pewangi. Kamu juga bisa menambahkan sabun dengan sedikit baking soda. Selain itu, penting juga bagi kamu untuk mengetahui rekomendasi pencucian yang disampaikan dalam kemasan setiap bantal. Setelah di cuci jangan lupa membilas detergen hingga bersih jangan sampai ada residu yang tertinggal. Residu yang tertinggal merupakan salah satu penyebab penggumpalan dan menimbulkan bau tak sedap.

Pengeringan secara sempurna

Untuk proses pengeringan sendiri juga harus diperhatikan. Kamu harus mengeringkan bantal secara benar hingga kering maksimal. Pasalnya jika masih lembab hanya akan menimbulkan kembali jamur, bakteri, dan debu yang ingin kamu hindari. Bisa gunakan mesin pengering untuk mengeringkan bantalmu dengan maksimal. Atur mode mesin pengering ke dengan pengaturan panas yang rendah.

Cuci bantal satu persatu

Kamu ingin mencuci dan mengeringkan lebih dari satu bantal secara bersamaan supaya bisa menghemat waktu? Sebaiknya jangan, karena jika kamu melakukan hal tersebut akan membuat bantal menjadi tidak maksimal dalam kebersihannya. Bantal sejatinya membutuhkan banyak air supaya bersih dan banyak ruang untuk benar-benar kering.

Tips Merawat Kebersihan Bantal

Selain dengan mencucinya, kamu juga bisa menggunakan cara dibawah ini untuk merawat bantal agar tetap bersih.

Tepuk secara rutin

Sebaiknya kamu meluangkan waktu sedikit setiap hari untuk bisa menepuk tempat tidur dan bantal supaya menghilangkan debu serta mengembalikan bentuknya seperti semua setelah dipakai. Disarankan lakukan hal tersebut sesaat setelah bangun dan sebelum tidur.

Bersihkan bantal pakai penyedot debu

Jenis Bantal busa tidak disarankan untuk dicuci. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menaburkan tepung jagung di atas bantal. Tunggu kurang lebih selama satu jam atau lebih. Kemudian gunakan alat penyedot debu untuk menghilangkan kotoran pada semua sisi secara menyeluruh.

Ganti bantal yang sudah usang

Sejatinya semua barang memiliki masa kadaluarsanya tersendiri tidak terkecuali dengan bantal. Sudah sering dibersihkan rutin dapat memperpanjang masa pakai bantal, tetap saja disarankan untuk mengganti bantal setiap dua tahun sekali. Kamu bisa menganati beberapa tanda saat bantal sudah harus diganti. Seperti contoh bantal yang terasa menggumpal dan tidak nyaman ketika dipakai. Atau duah muncul bau dan noda yang tidak dapat dihilangkan meski telah dicuci.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *