Manfaat Sampah Organik

Manfaat Sampah Organik

Green Clean – Sampah merupakan salah satu yang menjadi penyebab tidak nyamannya lingkungan di sekitar. Selain mengganggu pemandangan sampah juga akann membuat keluarnya bau tidak sedap karena beberapa sisa makanan atau bangkai hewan dan tumbuhan.

Manfaat Sampah Organik

Sampah dipisahkan menjadi dua yaitu sampah organik dan an organik. Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan dan terurai dengan mudah. Jenis sampah ini biasanya akan langsung dibuang karena bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Padahal jika dioleh dengan tepat sampah organik bisa mempunyai manfaat yang sangat baik. Sampah organik memiliki kandungan nutrisi yang akan bermanfaat jika diolah dengan benar. Berikut ini adalah cara pengolahan beberapa sampah organik.

Kompos

Kompos adalah bahan tambahan yang dipakai sebagai sumber nutrisi pada tumbuhan. Untuk dapat mengolah sampah menjadi kompos sebenarnya sangat sederhana, cukup mencampurkan sampah organik yang telah dipisah dengan starter mikroorganisme pembusuk. Sampah organik yang bisa diolah menjadi kompos adalah jenis sampah yang mudah membusuk dan terurai. Kompos bisa dikatakan sudah matang jika sudah menyerupai tanah, tidak berbau busuk, dan gembur. Ciri ciri kompos yang berkualias baik adalah tidak berbau busuk dan lebih memiliki bau seperti tanah. Warna kompos coklat kehitaman, semakin hitam maka semakin baik dan suhu kompos harus sama dengan suhu tanah yaitu sekitar 30 derajat celcius. Kadar air 30-40 % dam Keasaman 6,8 – 7,5 sehingga saat dimasukkan kedalam air seluruhnya tenggelam, warna air jernih. Jika masih banyak kompos yang mengambang maka bisa dipastikan ada bahan yang tidak menjadi kompos. Satu lagi yang menjadi cirinya adalah ketika digunakan untuk pupuk, tidak tumbuh tanaman yang tidak dikehendaki (gulma), tanaman lebih subur.

Pupuk Cair

Sampah organik berupa cairan biasanya akan berasal dari limbah rumah tangga. Jenis sampah seperti ini akan selalu dibuang begitu saja sehingga menimbulkan pencemaran pada lingkungan. Diketahui sampah organik cair mempunyai unsur hara yang lebih tinggi, dengan begitu akan lebih mudah diolah menjadi pupuk. Caranya hanya dengan mencampurkannya pada bahan pembusuk, sampah organik cair akan lebih mudah diolah jika dibandingkan dengan pembuatan kompos.

Biogas

Biogas adalah salah satu bahan bakar yang didapat dari hasil olahan kotoran ternak. Pengolahan biogas ini membutuhkan alat dan bahan tertentu sehingga tidak semua orang dapat memproduksi biogas. Walaupun begitu, biogas bisa menjadi salah satu sumber energi yang cukup besar dari hasil olahan limbah.

Daur Ulang Kertas

Fakta yang ada ternyata kertas yang sudah selesai digunakan bisa didaur ulang dan dipakai kembali. Caranya terbilang sangat mudah, hanya dengan menghaluskan kertas bekas dan mencetaknya kembali menjadi lembaran.

Kelebihan dan Kekurangan Pengolahan limbah

Upaya untuk mengolah sampah organik tentu saja memiliki berbagai macam kelebihan, selain itu kita juga tidak bisa menghindari kekurangan dari pengolahan limbah ini. Kelebihan dari pengolahan limbah ini adalah bisa menyediakan pupuk organik yang memiliki harga terjangkau dan ramah lingkungan. Dapat mengurangi tumpukan sampah organik yang biasanya ditemui di sekitar tempat tinggal. Selain itu dengan pengelolaan sampah secara dini dan cepat akan mengurangi biaya pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir. Yang paling utama adalah melindungi lingkungan dari kerusakan dan gangguan berupa bau, selokan macet, banjir, tanah longsor, serta penyakit yang bisa disebabkan oleh serangga dan binatang pengerat.

Sedangkan kekurangan mengolah sampah organik, pupuk kompos adalah unsur hara yang cukup lama diserap tumbuhan, pembuatannya lama, dan belum bisa dibuat dalam skala besar. Faktor inilah yang membuat untuk mendukung peningkatan hasil-hasil pertanian diperlukan pupuk buatan. Dengan melakukan hal-hal kecil yang bisa menyelamatkan Bumi kita. Seperti mengolah sampah, kita bisa mengurangi pencemaran pada alam. Mari kita mulai langkah paling kecil untuk menjaga Bumi kita dengan memilah sampah.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *