Cara Mencuci dan Merawat Karpet Masjid

Cara Mencuci dan Merawat Karpet Masjid

GreenClean.id РPada umumya karpet akan dibuat dari bahan dasar seperti wool, vinyl, karet, batang tumbuh-tumbuhan, bambu dan karpet kain. Karpet yang sering kamu temukan dan gunakan dalam masjid terbuat dari bahan yang lebih awet. Karpet masjid ini sangat mudah kotor akibat debu, kotoran yang dibawa orang dari luar yang masuk ke dalam celah serat kainnya. Perawatan secara rutin harus dilakukan untuk bisa selalu menjaga kebersihan sehingga bisa terhindar dari bakteri penyakit.  Selain itu, karpet akan menjadi lebih awet kalau terus menerus dirawat. Untuk bisa membersihkan karpet masjid tentu saja kami ingin memberikan tips cara membersihkan karpet masjid sekaligus tips merawat karpet masjid nya. Berikut ini cara membersihkan karpet masjid agar karpet menjadi bersih dan tetap bagus.

Cara Mencuci dan Merawat Karpet Masjid

Langkah Mencuci Karpet Masjid

Langkah 1

Bentangkan karpet di lantai, kemudian membuat bersih debu menggunakan vacuum cleaner, ini sangat penting untuk dilakukan sebelum karpet dicuci karena sebagian besar kotoran di karpet tumpukan debu yang menebal. Kemudian memperluas karpet masjid di tali jemuran, pagar untuk mendukung karpet selama di besihkan. Membuat posisi yakin karpet sedikit miring sehingga ketika aliran air gunaknya dicuci akan lebih mudah mengalir dan menyederhanakan beberapa klarifikasi.

Langkah 2

Setelah itu bisa semprotkan karpet dengan air, coba gunakan selang dengan tekanan air sehingga kotoran di karpet benar-benar dapat dipisahkan. Setelah karpet basah, oleskan sabun atau pembersih khusus cairan, atau jika tidak ada karpet bisa menggunakan sampo bayi. Dianjurkan untuk tetap menggunakan sabun karpet khusus.

Langkah 3

Sikat karpet masjid dengan sikat lembut, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merusak karpet bulu dan membuat karpet kasar setelah pembersihan. Pastikan seluruh bagian karpet kotor disikat, kemudian siram dengan air, melayani bilas karpet dan menghapus kotoran dan sisa sabun meungkin amsih tersisa.

Langkah 4

Pengeringan dan mengeringkan karpet di tempat teduh dan tidak langsung terkena sirkulasi udara yang cukup sinar matahari. Selain menjaga kualitas karpet, kondisi pengeringan yang baik juga dapat mencegah bau karpet. Setelah karpet benar-benar kering, taburi karpet dengan baking soda untuk menghilangkan bau, dan bagaimanapun, menunggu selama 30 menit untuk membersihkan karpet lagi menggunakan vacuum cleaner lagi.

Kamu dapat menyimpan karpet dengan rolling atau melipat karpet menurut out, dan dimasukkan ke dalam jiak plastik tidak ingin memakainya. Titik untuk mencegah karpet menjadi lembab dan kembalinya kotoran.

Berikut ini adalah tips yang dapat diterapkan untuk mengobati karpet untuk tetap awet dan bersih.

  • Untuk menjaga merawat kebersihan karpet menggunakan vacuum cleaner (penyedot debu) untuk membersihkan karpet minimal 3 kali seminggu.
  • Sering pindah dan rubah posisi karpet 2 bulan. Tujuannya adalah untuk mengubah karpet sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi. Serta mempertimbangkan lokasi jendela dan arah sinar matahari masuk ke ruangan. Warna karpet masjid dengan cepat akan memudar jika terkena sinar matahari langsung. Untuk mengatasinya, ubah posisi karpet 2 bulan. Hal ini dapat diatasi dengan menutup jendela atau menurunkan Vitrage.
  • Cuci karpet untuk bersih dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet. Jika merasa terlalu berat untuk mencuci sendiri, Kamu bisa masuk layanan pembersih karpet seperti GreenClean.id .

Masjid yang merupakan salah satu rumah ibadah untuk masyarakat umum ini harus selalu dijaga kebersihannya. Sebaiknya untuk proses membersihkan karpet bisa dilakukan 2-3 bulan sekali. Dengan membesihkan karpet secara rutin pasti akan membuat ibadah menjadi lebih khusuk dan fokus.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *