Inilah Ciri Ciri Hunian Yang Nyaman di Kota Besar

Inilah Ciri Ciri Hunian Yang Nyaman di Kota Besar

GreenClean.id – Di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Sayangnya, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, faktor makanan dan olahraga tidak cukup. Menurut H.L. aspek kebersihan lingkungan berpengaruh sebesar 40 persen terhadap kesehatan seseorang. Selebihnya ditentukan oleh perilaku, ketersediaan layanan kesehatan, dan faktor genetik. Di kota besar seperti Jakarta, kebersihan lingkungan masih jauh dari ideal. Misalnya masalah sampah. Berdasarkan data Badan Lingkungan Hidup 2019, Jakarta menyumbang 7.700 ton sampah setiap hari. Citra hidup sehat semakin sulit diwujudkan, mengingat kualitas udara di Jakarta juga dinilai kurang sehat. Padahal, kondisi ini masih berlangsung selama pandemi. Padahal, aktivitas kendaraan mudik di Jakarta cenderung menurun akibat penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Inilah Ciri Ciri Hunian Yang Nyaman di Kota Besar

Secara alamiah, tingkat polusi udara juga mengalami penurunan. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Menemukan bahwa kualitas udara di Jakarta dari bulan Maret hingga Mei 2020 tetap moderat dan tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh pergerakan angin yang membawa polutan dari PLTU Suralaya ke Jakarta. Kondisi lingkungan di Jakarta belum mampu mendukung kesehatan masyarakatnya. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk mewujudkannya di kota ini. Misalnya dengan menciptakan perumahan yang sehat. Lalu, seperti apa ciri-ciri rumah sehat yang dibutuhkan untuk menunjang tubuh yang sehat? Berikut ringkasannya.

Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Hunian yang sehat ditentukan oleh sistem sirkulasi udara yang terdapat di dalamnya. Menurut Standar Nasional Indonesia. Apartemen setidaknya harus mempunyai lubang ventilasi, paling sedikit lima persen dari luas ruangan itu sendiri. Setiap ruangan dalam hunian umumbya harus menerapkan ventilasi silang untuk lebih memperlancar sirkulasi udara.

Pengolahan Limbah Yang Baik

Memiliki sistem pengolahan sampah Sampah rumah tangga umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu air jernih, air abu-abu, dan air hitam. Diantara ketiga jenis tersebut, grey water waste cukup berbahaya bagi lingkungan karena mengandung bahan kimia dari aktivitas mandi dan mencuci. Untuk mencegah dampak buruk, idealnya setiap rumah memiliki sistem pengolahan air limbah (SPAL). Instalasi SPAL terdiri dari tangki penampungan air limbah dan tangki resapan yang diisi arang dan koral untuk menyaring polutan di air abu-abu. Selain memasang SPAL, saluran pembuangan perumahan juga harus berjalan lancar, terutama pada musim hujan.

Kebersihan Air Yang Terjaga

Air bersih sangat penting Ini karena kebanyakan aktivitas manusia tidak luput dari penggunaan air bersih. Misalnya memasak, mencuci, dan mandi. Menurut data yang diambil kebutuhan air rumah tangga mencapai 70 liter per orang per hari. Umumnya pasokan air bersih rumah tangga berasal dari tanah atau Perusahaan Air Minum (PAM). Tidak jarang pemilik rumah menggunakan keduanya.

Mempunyai Kawasan Hijau

Memiliki Kawasan Hijau Ciri terakhir dari perumahan sehat adalah tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sebab, selain memberikan kenyamanan dan keindahan, RTH berfungsi sebagai tempat interaksi sosial, sarana ekowisata, dan berperan dalam menjaga keseimbangan ekologi di kawasan pemukiman. Ukuran ketersediaan ruang terbuka hijau juga telah ditentukan. Di perkotaan, RTH harus memiliki luas minimal 30 persen dari total luas daratan. Jumlah tersebut terdiri dari 20 persen ruang terbuka hijau di kawasan publik yang pengelolaannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

10 persen ruang terbuka hijau di ranah privat yang dikelola oleh lembaga atau individu tertentu. Penerapan ruang terbuka hijau baik publik maupun privat dapat dalam berbagai bentuk, seperti taman, kebun, pekarangan, jalur hijau, atau tempat rekreasi. Di Jakarta, kawasan pemukiman dengan penerapan RTH masih bisa ditemukan. Meski memiliki keterbatasan lahan karena pengembangan, Jakarta memiliki kawasan pemukiman dengan lahan hijau.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *