Membersihkan Velg Mobil Dengan Bahan Alami

Membersihkan Velg Mobil Dengan Bahan Alami

GreenClean – Velg adalah bagian terpenting dari mobil dan sepeda motor. Karena terletak di atas ban sangat beresiko kotor, dan mudah korosi. Nah dikarena hal itu, perlu adanya perawatan yang tepat supaya velg tetap bersih dan mengkilat atau terhindar dari karat. Untuk merawat velg, banyak produk pasar yang bisa digunakan. Namun pada prinsipnya produk pembersih yang beredar di pasaran adalah mencegah karat, korosi dan oksidasi pada velg.

Membersihkan Velg Mobil Dengan Bahan Alami

Meskipun ada banyak produk yang dibuat untuk membersihkan velg, banyak juga produk rumah tangga yang dapat membersihkan dan menghilangkan noda pada velg. Syaratnya, produk rumah tangga tidak menggunakan bahan kimia yang keras atau bahan abrasif yang keras, seperti pemutih, sikat yang kasar atau sabut baja. Pasalnya, bahan tersebut ditakutkan akan menjadi penyebab perubahan warna atau goresan pada lapisan velg.

Mengapa Lemon Digunakan Untuk Menghilangkan Kotoran?

Salah satu produk rumah tangga alami yang dapat digunakan untuk memoles velg adalah lemon. Mengapa lemon bisa digunakan untuk membersihkan logam seperti pada velg? Karena kandungan asam pada lemon bermanfaat dalam hal pembersihan. Asam lemon dapat menghilangkan noda yang disebabkan oleh asam lain, atau bergabung dengan senyawa alkali untuk menghasilkan reaksi kimia yang kuat. Jus lemon juga dapat menghilangkan “noda” alkali seperti kerak, zat putih berkapur yang sering menumpuk di alat kelengkapan velg. Di sini, keasaman jus lemon bereaksi dengan kapur (kalsium karbonat) atau karat (oksida besi) untuk melembutkan dan melarutkan endapan.

Cara Membersihkan Pelek dengan Lemon

Selanjutnya cara merawat velg mobil dengan jeruk nipis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan mencuci velg mobil dengan air bersih. Pastikan kamu menggunakan selang untuk menyemprotkan air sampai tidak ada kotoran atau pasir di velg. Proses penyemprotan dengan air velg ini penting agar pada ketika akan dilap nanti tidak ada kotoran yang menempel. Karena jika masih ada kotoran yang menempel malah akan bisa membuat velg tergores.
  2. Potong buah lemon menjadi dua bagian dan peras sekiranya mendapat setengah cangkir air lemon. Campur 1/2 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir air hangat. Kemudian masukkan campuran kedua bahan tersebut ke dalam botol semprot. Bisa menggunakan botol semprot, misalnya botol semprot bekas yang sudah dibersihkan sebelumnya. Kocok sampai kedua bahan tersebut tercampur dengan sempurna.
  3. jika sudah anda bisa semprotkan jus lemon yang telah tercampur ke kain katun lembut atau bisa menggunakan serat microfiber. Gosokkan kain ke velg secara perlahan dan merata sampai lapisi seluruh permukaan dengan lapisan yang rata. Jus lemon yang secara alami memiliki kandungan bersifat asam dan perlahan-lahan akan menggerogoti kotoran, pasir dan debu. Sampai akhirnya nanti meninggalkan permukaan yang bersih dan berkilau.
  4. Ketika selesai melakukan pengaplikasian, biarkan sejenak jus lemon. Tujuannya yaitu supaya kandungan yang ada dalam lemon bekerja dan bersihkan campurannya selama 10 menit.
  5. Nah jika sudah selama 10 menit, setelah itu baru kamu bisa bilas air jeruk nipis dengan air mengalir dari velg. Pembilasan bisa dilakukan dengan selang air atau dengan membasahi kain dan menyeka jus lemon yang ada di velg dengan tangan Anda. Pastikan proses pembilasan ini sempurna.
  6. Kalau kamu sudah merasa velgmu bersih mengkilap bisa langsung keringkan kembali dengan kain atau bahan lembut. Dalam proses pengeringan disarankan memakai kain yang menyerap air dengan baik supaya tidak ada noda air nantinya
Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *