Yang Dihasilkan Dari Lingkungan Kerja Tidak Bersih

Yang Dihasilkan Dari Lingkungan Kerja Tidak Bersih

GreenClean – Apakah Anda memiliki karyawan yang bekerja di perusahaan Anda banyak yang sering sakit atau datang untuk bekerja dalam kondisi yang tidak sesuai? Akibatnya, tingkat produktivitas menurun dan perusahaan target sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai. Jumlah tingkat ketidakhadiran karyawan dalam sakit dapat disebabkan oleh kondisi di ruang kerja perusahaan yang tidak sehat dan kurang bersih.

Yang Dihasilkan Dari Lingkungan Kerja Tidak Bersih

Bahkan ketika sebuah ruang kerja di perusahaan Anda berada dalam bangunan dengan dinding tertutup dan jauh dari angin berdebu, kantor tetap harus dibersihkan secara teratur. Membersihkan ruang kerja juga penting bagi perusahaan yang memproduksi barang untuk ruang kerja dapat dipengaruhi oleh residu dari kegiatan produksi yang dilakukan di pabrik sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada karyawan yang menghabiskan kerja hari.

Kebersihan Yang Harus Dijaga

Untuk perusahaan ruang kerja bersih, Anda bisa mempekerjakan layanan pembersihan profesional yang merupakan bagian dari perusahaan Anda atau outsourcing. Menggunakan cleaning service outsourcing bisa menjadi pilihan perusahaan kecil yang tidak memerlukan sebuah departemen khusus untuk membersihkan ruang kerja. Selain ruang kerja bersih-bersih bisa dilakukan oleh karyawan sendiri, misalnya dengan:

  1. Rutin membersihkan layar komputer dan keyboard menggunakan cairan pembersih khusus
  2. Bersihkan permukaan meja
  3. Bersihkan sisa-sisa makanan dan minuman yang jatuh ke lantai atau meja
  4. Siapkan pembersih tangan atau tisu
  5. pembersihan rutin ruang umum atau ruang istirahat
  6. Sampah tidak harus dibiarkan sampai penuh dan tumpah, menggunakan tempat sampah tertutup
  7. Sedot debu setiap beberapa hari di karpet, lantai, dan permukaan ruang kerja lainnya.

Apa konsekuensi jika perusahaan ruang kerja tidak secara rutin dibersihkan dan menyeluruh? Berikut adalah bahaya.

Risiko penyebab serangan asma

Orang yang memiliki asma tidak dapat disembuhkan tetapi harus disimpan lingkungan sehingga ia dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan reaksi asma. Reaksi asma umum yang paling adalah debu dan kotoran di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu kantor perusahaan jarang dibersihkan, misalnya, jarang karpet disedot debu, tumpukan dokumen kertas yang tidak tersusun rapi, pekerja industri tidak memakai masker pelindung atau pernapasan lainnya, dapat menyebabkan reaksi asma pada karyawan. Gejala serangan asma yang timbul biasanya sesak napas dan kesulitan bernapas normal.

Penyebab reaksi alergi pada karyawan

Selain bisa menyebabkan reaksi asma pada penderita asma, debu mengambang di kantor perusahaan juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Alergi timbul karena lingkungan dapat menjadi berbagai sumber, selain satu debu juga bisa memiliki alergi terhadap kelembaban dalam ruangan, jamur, juga bisa alergi terhadap hewan peliharaan bulu binatang jika perusahaan Anda memiliki kebijakan dapat membawa hewan peliharaan ke kantor pada hari-hari tertentu , dan lain-lain reaksi alergi biasanya disebabkan karena ruangan yang kotor dan berdebu adalah hidung yang terus mengendus, bersin, dan mata berair, menyebabkan kesulitan bernapas seperti gejala asma.

Kontaminasi bakteri, virus, dan jamur di lingkungan kantor

Karyawan yang tidak memiliki asma, alergi, atau eksim masih terkena resiko kontaminasi bakteri, virus, jamur dan lain-lain ketika bekerja di kamar yang tidak tetap bersih. Sebagai contoh, ada pekerja yang sakit di mana ia menggunakan tangannya untuk pukulan, kemudian dengan tangan yang sama ia menyalakan keran air di kamar mandi di mana keran tersentuh oleh orang lain, bakteri atau virus yang membawa pekerja sakit pindah ke lebih banyak pekerja dan ini dapat meningkatkan risiko penularan penyakit di lingkungan kerja perusahaan Anda.

Untuk mencegahnya, diperlukan kegiatan pembersihan secara rutin agar bakteri, virus, dan jamur yang menempel di berbagai benda di perusahaan bisa mati sebelum berpindah ke orang lain.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *