Manfaat dan Kendala Membersihkan Pesawat

Manfaat dan Kendala Membersihkan Pesawat

GreenClean – Menjaga kebersihan pesawat merupakan salah satu cara untuk menjaga kepuasan pelanggan di dunia penerbangan. Membersihkan pesawat sangat berbeda, tidak seperti membersihkan truk atau mobil yang perlu Anda lakukan hanyalah menyemprot dan menyikat. Membersihkan pesawat terbang memang tidak mudah melakukan banyak tantangan untuk pembersihan penerbangan di dunia penerbangan. Padahal, maskapai penerbangan mendapatkan banyak keuntungan dari pembersihan pesawat.

Manfaat dan Kendala Membersihkan Pesawat

Manfaat Membersihkan Pesawat

Bukan tanpa alasan pesawat perlu dibersihkan karena sebenarnya banyak manfaat yang bisa diraih. Selama melakukan aktivitas pembersihan penerbangan, banyak hal yang akan didapat dari pesawat atau maskapai yang memilikinya. Berikut ini manfaat membersihkan pesawat untuk sebuah maskapai penerbangan:

  • Penampilan lebih baik. Proses pembersihan secara rutin akan membuat tampilan pesawat menjadi lebih bersih dan enak dipandang. Warna eksterior atau bodi pesawat terlihat mengkilat dan terlihat lebih menawan. Hal ini akan menarik perhatian konsumen yang menggunakan jasa penerbangan di seluruh dunia. Konsumen akan lebih memperhatikan maskapai yang memiliki unit pesawat dengan tampilan luar yang menarik.
  • Hemat bahan bakar. Pesawat yang dibersihkan secara rutin akan memastikan bahwa semua komponen dalam perawatan benar. Performa mesin pesawat meningkat sehingga menjadi lebih hemat bahan bakar dibandingkan pesawat yang tidak dibersihkan.
  • Penghematan biaya. Membersihkan pesawat bisa mahal, tetapi tujuan utamanya adalah penghematan. Dengan melakukan prosedur pembersihan rutin di pesawat, aerodinamika, efisiensi bahan bakar, dan efisiensi biaya tetap terjaga.

Inilah keuntungan dari pembersihan unit pesawat untuk maskapai yang memilikinya. Nah karena itu, menjadi sangat penting untuk melakukan kegiatan pembersihan pesawat secara rutin, baik eksterior maupun interior. Namun, masih banyak kendala atau tantangan dalam pembersihan pesawat terbang di dunia penerbangan saat ini.

Kendala Saat Membersihkan Pesawat

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengendalian lalu lintas udara adalah dengan pembersihan pesawat, menurut Kusuma. Namun demikian, masih banyak kendala atau tantangan dalam membersihkan pesawat terbang dalam dunia penerbangan. Berikut adalah kendala yang harus dihadapi oleh maskapai penerbangan dalam hal pembersihan pesawat:

Banyak Bagian Yang Harus Dibersihkan

Untuk dapat membersihkan pesawat ini tidak semudah membersihkan alat transportasi kecil seperti mobil, bus, atau truk. Pesawat terbang memiliki banyak bagian untuk membersihkan baik eksterior maupun interiornya. Interior pesawat seperti halnya kokpit, kursi penumpang, pantry, toilet, kargo, kabin, karpet, pintu pesawat, dan toilet. Tantangan saat membersihkannya adalah setiap bagian membutuhkan perawatan pembersihan yang berbeda. Tidak semua pembersihan dapat dilakukan oleh awak pesawat atau maskapai penerbangan, seringkali prosedur pembersihan rutin diserahkan kepada seseorang yang lebih terampil.

Berbagai Macam Metode Harus Diterapkan

Membersihkan pesawat, baik eksterior maupun interior, membutuhkan banyak cara. Contoh metode yang sering digunakan untuk membersihkan interior pesawat adalah metode debu, pembersihan interior, cara menghilangkan noda, menyedot debu dan masih banyak lagi. Setiap bagian dari pesawat membutuhkan ara yang berbeda beda untuk proses pembersihan secara maksimal. Dengan banyaknya metode yang harus dilakukan, menjadi tantangan tersendiri untuk membersihkan pesawat dalam dunia penerbangan. Sebagian besar, maskapai penerbangan tidak melakukan prosedur pembersihan yang benar.

Membutuhkan Banyak Air

Selain membersihkan interior, bagian luar pesawat juga harus dibersihkan agar terlihat dan terlindung dari korosi. Membersihkan bagian luar pesawat membutuhkan air bersih yang sangat banyak. Karena ukuran pesawat yang begitu besar, menurut Isaac Low, dibutuhkan ribuan liter air untuk membersihkan kotoran yang tumbuh di pesawat. Hal tersebut masih minimnya pembersihan pesawat konvensional, sehingga saat ini sedang dikembangkan dry cleaning. Senada dengan Isaac Low, Direktur Garuda juga menyatakan bahwa pembersihan pesawat bisa menghabiskan hingga 2.000 meter kubik air.

Membutuhkan Keahlian Khusus

Tantangan dalam membersihkan pesawat di dunia penerbangan selanjutnya adalah dibutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Dalam proses membersihkan pesawat tidak segampang kelihatannya, karena semprotan airnya harus dilakukan seccara benar supaya tidak merusak bagian pesawat. Dalam air semprot, misalnya, tidak boleh disemprotkan langsung ke jendela. Untuk itu, maskapai akan mengajukan kepada perusahaan lain sebagai partner dalam pembersihan pesawat.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *