Cara Praktis Membersihkan Keset

Cara Praktis Membersihkan Keset

GreenClean – Keset yang biasa digunakan di dapur atau kamar mandi merupakan salah satu barang rumah tangga paling kotor. Keset di dapur biasanya berfungsi ganda sebagai “pel” saat Anda sedang terburu-buru membersihkan lantai dapur, sedangkan keset di kamar mandi bisa berjamur karena ruangan lembab jika tidak dibersihkan secara rutin. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah cara mencuci permadani tersebut, biasanya tertera pada label di keset. Untungnya, sebagian besar keset ini bisa dicuci dengan mesin. Untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa simak berikut ini.

Cara Praktis Membersihkan Keset

  • Cuci keset secara terpisah dengan cucian lain
  • Gunakan detergen cair khusus yang telah disesuaikan dengan mesin cuci Anda
  • Gunakan pilihan air panas atau hangat
  • Semakin gelap warna karpet, semakin tinggi suhu air yang digunakan dan sebaliknya
  • Hanya pilih program soft wash
  • Jika bagian belakang keset terbuat dari karet, jangan dikeringkan dengan mesin

Lalu bagaimana jika keset perlu dicuci dengan tangan? Berikut tips jika keset yang Anda gunakan di rumah perlu dicuci dengan tangan.

  • Mencuci tangan juga bisa membuat karpet akan lebih awet
  • Isi ember dengan air hangat
  • Gunakan detergen cair karena formula busa pada detergen jenis ini memudahkan Anda menghilangkan noda yang membandel sekalipun
  • Gunakan sikat untuk mencuci karena karpet sulit digosok, terutama alas keset karet
  • Jangan lupa sikat juga bagian karetnya
  • Bilas dan keringkan.

Cara Membersihkan Keset Karet

Jika Anda ingin membersihkan keset jenis ini dengan menggunakan bantuan mesin mesin cuci, elastisitas karet akan cepat rusak, terutama jika Anda memasukkannya ke dalam pengering. Sebagai gantinya, Anda bisa menggosok bagian depan dan belakang permadani dengan tangan. Gunakan sedikit pemutih atau cuka saat Anda melanjutkan menggosok. Saat menggosok, pastikan anda berikan perhatian ekstra pada bagian karet. Karena mamang pada bagian ini merupakan tempat pertumbuhan yang sempurna untuk jamur. Jika proses pencucian dirasa sudah bersih kamu bisa membilasnya secara menyeluruh dan sempurna. Lalu keringkan keset karet Anda dengan cara menggantungnya di tali jemuran, rak jemur atau tempat lain yang memberi keset banyak udara dari semua sisi.

Jika terpaksa harus menggunakan mesin cuci, tips berikut ini berbeda dengan cara mencuci karpet kain, mencuci karpet lantai karet lebih ribet. Sebelum mulai mencuci, sebaiknya letakkan beberapa handuk atau lap di mesin cuci untuk membantu air membersihkan kotoran dengan lebih maksimal. Jangan lupa gunakan air panas. Jika Anda sudah selesai mencuci, jangan mengeringkan keset karet di mesin cuci karena dapat menyebabkannya meledak sehingga tidak terlihat seperti sediakala. Anda hanya perlu mengeringkannya, fixture kamar mandi ini akan tetap memiliki bentuknya yang sempurna.

Cara Membersihkan Keset Kayu

Jika Anda memiliki Kesets kayu, gosok dengan spons dengan sabun dan air. Kemudian gunakan kain untuk mengelap seluruh permukaan.

Kapan waktunya anda untuk mengganti karpet? Biasanya karpet diganti sekali atau dua kali setahun. Tanda-tanda bahwa karpet Anda perlu diganti antara lain noda berjamur, lubang, dan embel-embel. Alas belanja: Saat Anda membeli keset berikutnya, pikirkan tentang komitmen pembersihan untuk berbagai jenis keset. Jika Anda tidak keberatan mencuci tangan, semua jenis keset bisa digunakan. Namun untuk opsi perawatan yang mudah, pikirkan jenis keset dari kainnya. Mudah untuk mencuci karpet secara rutin agar karpet di dapur dan kamar mandi Anda selalu bersih dari noda.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *