Cara Unik Membersihkan Cat Pada Baju

Cara Unik Membersihkan Cat Pada Baju

GreenClean – Kegiatan mengecat tembok rumah pasti akan terasa menyenangkan. Tapi ada beberapa hal yang banyak orang hindari yaitu noda cat. Sebagian orang memilih memakai baju bekas ketika sedang melakukan pengecatan. Namun memang tidak semua orang memiliki stok baju bekas tersebut, sehingga terpaksa harus memakai baju yang masih layak pakai. Nah padahal memang sedikit sulit untuk menjaga baju supaya terhindar dari noda cat. Pada saat proses pengecatan kita pasti akan berfokus ke dinding yang dicat kan, bukan malah ke baju kita.

Cara Unik Membersihkan Cat Pada Baju

Selain itu terkadang anak anak juga sering bermain prakarya  yang mengikut sertakan cat. Karena sifat anak kecil yang belum mengetahui tentang hal kebersihan, tentu saja baju mereka akan terkena noda cat tersebut. Jika sudah seperti ini apa yang harus kamu lakukan? Apakah akan dibuang begitu saja? Nah daripada membuang baju lebih baik kamu melakukan upaya untuk membersihkannya. Berikut ini akan kami bahas bagaimana cara membersihkan baju yang terkena cat dengan unik.

Air

Air mengalir adalah sahabat terbaik bagi pakaian yang terkena cat jika warnanya masih basah. Untuk melakukan ini, cukup tuangkan air mengalir ke bagian kaus yang diwarnai, lalu sikat area tersebut dengan sikat gigi bekas. Sikat dengan lembut, jika memungkinkan ke satu arah, agar tidak merusak serat. Jika masih kurang bersih tambahkan detergen cair lalu sikat kembali hingga bersih.

Pisau / sendok

Cara menghilangkan cat pada pakaian selanjutnya adalah dengan menggunakan pisau atau sendok. Cara ini lebih mudah digunakan pada noda cat kering. Kikis noda dengan pisau dan biarkan tumpul agar tidak merusak kemeja Anda. Atau jika Anda takut pisau akan merusak baju, Anda bisa menggunakan sendok. Setelah noda cat kering hilang, ambil kain yang sudah diberi cairan pengencer secukupnya lalu tepuk-tepuk bagian berwarna pada baju. Kemudian rendam pakaian atau bagian baju yang diwarnai dengan air dingin + deterjen. Kemudian cuci seperti biasa, dan noda cat harus dihilangkan dengan benar dari pakaian Anda.

Deterjen

Jika cat kering tetap membandel, gunakan deterjen. Coba gunakan deterjen cair, karena konsentrasinya lebih baik daripada detergen bubuk untuk masalah ini. Tuang deterjen cair pada pakaian berwarna lalu rendam dalam air hangat selama setengah jam. Kemudian gosok pakaian dengan tangan atau spons lembut. Selesaikan, cuci kembali pakaian tersebut di mesin cuci seperti biasa.

Alkohol

Alkohol adalah kebalikan dari warna. Jadi tentunya alkohol bisa menjadi jawaban untuk cara mudah menghilangkan warna pada pakaian. Jenis alkohol yang dapat Anda gunakan bervariasi, dari aseton, pembersih cat / tiner, larutan isoprofilik hingga alkohol murni. Semua jenis alkohol dapat Anda gunakan, selama tidak berwarna. Tuangkan alkohol secukupnya pada area berwarna pada kemeja, diamkan beberapa saat lalu gosok noda dengan kain / handuk lembut. Ulangi langkah-langkah ini sampai cat terangkat sepenuhnya. Kemudian bilas pakaian dengan air hangat, cuci seperti biasa lalu jemur. Jangan lupa untuk menggunakan masker hidung / mulut karena bau alkohol dapat mengganggu pernapasan. Selain noda cat, alkohol juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda aspal pada pakaian.

Deterjen

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mencuci pakaian dengan deterjen? Ternyata ini bisa membantu menghilangkan noda cat, lho! Caranya adalah dengan menuangkan deterjen ke bagian baju yang diwarnai. Kemudian rendam pakaian Anda dalam air hangat + cairan pencuci selama beberapa jam. Biasanya warna memudar dengan sendirinya saat menggunakan campuran larutan ini. Jadi Anda bisa membilasnya saja. Jika masih ada sisa cat, oleskan lagi sabun ke area yang bernoda. Kemudian sikat area tersebut dengan sikat gigi bekas.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *